Wednesday, December 30, 2009

MAKALAH SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI KESEHATAN

MAKALAH SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI KESEHATAN

HUBUNGAN MANUSIA DAN BUDAYA

PENGERTIAN PERAN, STATUS, NILAI, NORMA DAN BUDAYA/ KEBUDAYAAN


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Secara etimologis, Sosiologi berasal dari kata latin, Socius yang berarti kawan dan kata Yunani Logos yang berarti kata atau yang berbicara. Jadi Sosiologi adalah berbicara mengenai masyarakat. Bagi Comte, Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan kemasyarakatan umun yang merupakan hasil akhir dari perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu Sosiologi didasarkan pada kemajuan yang telah dicapai ilmu pengetahuna sebelumnya.

Pitirim Sorokim mengatakan bahwa Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi) dengan gejala lainnya (nonsosial).

Berbeda dengan pendapat Rouceke dan Warren yang mengatakan bahwa Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan kelompok-kelompok.

Nah berasarkan uraian di atas, maka Sosiologi adalah jelas merupakan ilmu sosial yang objeknya adalah masyarakat sebagai ilmu. Ia berdiri sendiri karena telah memiliki unsur ilmu pengetahuan.

Dalam ilmu Sosiologi dipelajari juga mengenai Peran, Status atau kedudukan, Nilai, Norma dan juga Budaya atau kebudayaan. Kesemuanya ini merupakan hal-hal yang sangat erat kaitannya dengan ilmu Sosiologi.

Rumusan Masalah

Dalam rumusan masalah di sini, maka akan dicari jawaban daripada :

Apakah pengertian Peran/peranan.role dalam ilmu Sosiologi?

Apakah pengertian Status/kedudukan dalam ilmu Sosiologi?

Apakah pengertian Nilai dalam ilmu Sosiologi?

Apakah pengertian Norma dalam ilmu Sosiologi?

Apakah pengertian Budaya/Kebudayaan dalam ilmu Sosiologi?

Maksud dan Tujuan

Penulisan makalah ini mempunyai tujuan sebagai berikut :

o Memenuhi tugas mata kuliah Sosiologi dan Antropologi Kesehatan

o Memberikan gambaran teori mengenai Peran, Status, Nilai, Norma, dan juga Budaya/kebudayaan dalam kaitannya dengan masyarakat sebagai sasaran ilmu Sosiologi.

  • Sebagai arahan agar mahasiswa dapat mengkorelasikan hubungan antara teori Peran, Status, Nilai, Norma dan Budaya/kebudayaan dengan kehidupan masyarakat di kehidupan yang nyata
Untuk Membaca selengkapnya silahkan download disini

0 comments:

Post a Comment

 

Skripsi KITA

Site Info

Antropologi, Budaya dan Sejarah Copyright © 2010 Akran Mogerz is Designed by Akran Mogerz for About Me