Saturday, March 26, 2011

Pengertian antropologi

A. Pengertian Antropologi

Apa itu antropologi? Pada kesempatan ini, saya mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan beberapa referensi, baik dari internet maupun dari buku.

Pengertian Antropologi
Secara umum, Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya (sumber: wikipedia). Antropologi berasal dari kata Yunani άνθρωπος (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti ilmu. Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial.

Antropologi memiliki dua sisi holistik dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan antropologi dari disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metode antropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemusatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal.


Definisi Antropologi Menurut Ahli
"Antropologi" berarti kajian "manusia". Akan tetapi ahli antropologi bukanlah satu-satunya pakar yang mengkaji manusia, dan juga tidak berarti bahwa ahli antropologi hanya mengkaji manusia (Keesing, 1999:2). Lantas, apa yang membedakan antropologi dengan ilmu lain yang juga mempelajari manusia? Menurut Koentjaraningrat (1992 : 1), antropologi memperhatikan lima masalah mengenai mahluk manusia, yaitu:

  1. Masalah sejarah terjadinya dan perkembangan manusia sebagai mahluk biologis.
  2. Masalah sejarah terjadinya aneka warna mahluk manusia, dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya.
  3. Masalah persebaran dan terjadinya aneka warna bahasa yang diucapkan oleh manusia di seluruh dunia.
  4. Masalah perkembangan, persebaran dan terjadinya aneka warna dari kebudayaan manusia di seluruh dunia.
  5. Masalah dasar-dasar dan aneka warna kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat dan suku-suku bangsa yang tersebar di seluruh muka bumi zaman sekarang ini.
Di bawah ini adalah pengertian Antropologi menurut beberapa ahli. Meskipun tiap-tiap ahli memberikan definisi yang berbeda, tapi kita dapat menarik satu benang merah yang menggambarkan Antropologi secara utuh.
  • William A. Havilland: Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
  • David Hunter:Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
  • Koentjaraningrat: Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
Dari definisi-definisi tersebut, dapat disusun pengertian sederhana antropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berprilaku, tradisi-tradisi, nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Antropologi).

Daftar Referensi:

  • Antropologi. http://id.wikipedia.org/wiki/Antropologi (1 Juli 2010)
  • Antropologi. http://www.scribd.com/doc/23997160/ANTROPOLOGI (1 Juli 2010)
  • Definisi/Pengertian Antropologi, Objek, Tujuan, Dan Cabang Ilmu Antropologi. http://organisasi.org/definisi-pengertian-antropologi-objek-tujuan-dan-cabang-ilmu-antropologi (1 Juli 2010)
  • Keesing, M Roger. 1999. Antropologi Budaya. Suatu Perspektif Kontemporer (Edisi Kedua Jilid I).Alih Bahasa Samuel Gunawan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Koentjaraningrat. 1992 (cetakan ke-8). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat.
  • Pengertian Antropologi. http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/antropologi/pengertian-antropologi (1 Juli 2010)
  • Pengertian Antropologi. http://sobatbaru.blogspot.com/2008/04/pengertian-antropologi.html (1 Juli 2010)
  • Pengertian Antropologi. http://sos-ant.blogspot.com/2009/05/pengertian-antropologi.html (1 Juli 2010)
  • Pengertian Antropologi. http://id.shvoong.com/social-sciences/1997175-pengertian-antropologi (1 Juli 2010)

1 comments:

Dhive Petra on September 9, 2012 at 3:35 AM said...

Wah ..... Trima kasih atas ini yah? PR jadi selesai deh!

Post a Comment

 

Skripsi KITA

Site Info

Antropologi, Budaya dan Sejarah Copyright © 2010 Akran Mogerz is Designed by Akran Mogerz for About Me