Saturday, March 26, 2011

Teori Evolusi Unilineal dalam Antropologi

Antropologi Indonesia - Teori Evolusi Unilineal dalam Antropologi *)
*)Tulisan ini diambil dari materi perkuliahan yang dibawakan oleh DR. Munsi Lampe, MA. Tahun dan tempat tidak diketahui.

Teori ini maksudnya mengikuti satu garis saja. Contoh dari teori evolusi ini adalah teori evolusi keluarga dan agama. Contoh penerapan teori ini adalah dilakukan oleh L.H. Morgan.
Fase revolusi mulai dihitung ketika terjadi revolusi Prancis yang ditandai oleh dua hal yaitu teknologi, ekonomi, ilmu pengetahuan, persenjataan, segala macam sarana-prasarana yang ditujukan untuk politik dll.
Di dalam teori ini ada yang mencoba membuat asumsi, contoh-contoh atau ilustrasi bahwa yang menempati evolusi tahap terendah adalah masyarakat atau kelompok suku bangsa yang ada di Benua Afrika. Sedangkan yang dikategorikan berada pada tahap pertengahan adalah bangsa-bangsa Asia-Arab, dan suku-suku di luar keduanya adalah golongan pertama.
Kritik yang dilontarkan kepada penganut teori evolusi unilineal ini adalah bahwa data yang digunakan, dalam antropologi bahan teori adalah etnografi. Dalam kajian ini juga ada etnografi tetapi bukan dimaksudkan untuk membangun teori evolusi, khususnya unilineal. Hanya karena beberapa orang tertarik akan keunikan suku-suku di luar Eropa, maka para pelancong, pedagang, membawa benda dan berbagai barang ke Eropa lalu dipamerkan, yang kemudian menarik perhatian para ahli evolusi biologi yang berkesimpulan bahwa ternyata ada juga evolusi budaya. Jadi teori itu dibentuk atau dibangun dari metode spekulasi. Namun kita tidak dapat mengatakan pula bahwa teori evolusi unilineal ini salah, karena memang ada perkembangan manusia. Ini dapat kita lihat dari penggunaan berbagai alat-alat sederhana di berbagai pelosok pedesaan yang masih tetap digunakan meskipun sudah ada teknologi yang lebih baik.
Yang dapat diambil dari teori evolusi unilineal ini adalah bahwa ia dapat dijadikan kerangka penjelasan. Evolusi merupakan kajian terhadap satu kebudayaan dari satu masyarakat. Sama sekali tidak ada dari luar, jadi merupakan perkembangan atau kajian “perkembangan internal”. Evolusi diperkirakan mulai terjadi sejak zaman makhluk homo sapiens hingga abad ke-16.

0 comments:

Post a Comment

 

Skripsi KITA

Site Info

Antropologi, Budaya dan Sejarah Copyright © 2010 Akran Mogerz is Designed by Akran Mogerz for About Me