Saturday, March 26, 2011

Teori Evolusi Universal Leslie White

Antropologi Indonesia - Teori Evolusi Universal Leslie White *)
*) Tulisan ini diambil dari materi perkuliahan yang dibawakan oleh DR. Munsi Lampe, MA. Tahun dan tempat tidak diketahui.

Teori evolusi universal oleh Leslie White didasarkan pada asumsi tentang penggunaan energi. Jadi inti kajiannya adalah perubahan atau peningkatan energi. Misalnya penggunaan tenaga manusia, kemudian berkembang ke arah memadukan tenaga manusia, tenaga hewan dan tenaga alam. Kemudian lebih berkembang lagi menjadi tenaga surya, air, angin, listrik, dsb. Jadi yang dihitung adalah seberapa besar energi yang digunakan dalam melakukan aktivitas. Misalnya ketika masa berburu dan meramu, manusia hanya menggunakan tenaganya sendiri, jumlah energi yang digunakan kemudian dihitung menggunakan rumus tertentu, yang terjadi pada rentang waktu jutaan tahun, berevolusi pada suatu tahap di mana manusia sudah menciptakan teknologi yang di samping teknologi dari alam, juga manusia menggunakan tenaganya ssendiri. Seperti misalnya dalam kegiatan membajak, memang ada tenaga hewan yang digunakan untuk menarik bajak itu, tetapi juga ada tenaga manusia yang menekan bajak agar masuk ke dalam tanah. Kemudian sampai pada tahap peradaban di mana manusia bukan hanya menggunakan tenaga binatang, bahkan di beberapa tempat tenaga binatang dan manusia sudah ditinggalkan, tenaga hewan hanya dibutuhkan atau dialihkan menjadi sumber bahan makanan, tetapi mulai mengeksploitasi tenaga alam. Misalnya di Sumatra dibangun kincir air untuk memompa air dari daerah yang rendah ke daerah yang lebih tinggi. Kemudian penggunaan tenaga angin di Belanda untuk menggerakkan kincir angin untuk menggiling gandum dan memompa air.
Jadi inti dari teori ini adalah semakin besar energi yang digunakan, maka semakin tinggi tingkat evolusi suatu masyarakat. Dikatan universal karena dimana-mana di belahan di dunia ada perkembangan serupa, yaitu pemaduan tenaga manusia, hewan dan alam.

1 comments:

Anak Antrop on June 15, 2011 at 2:06 AM said...

Postingannya menarik perhatianku sob :)
Tolong Linknya dipasang ya :D

Post a Comment

 

Skripsi KITA

Site Info

Antropologi, Budaya dan Sejarah Copyright © 2010 Akran Mogerz is Designed by Akran Mogerz for About Me